Rabu, 01 Juli 2015

Ilmu Komunikasi UMM

          Ilmu komunikasi merupakan salah satu prodi yang banyak diminati, tidak hanya di Universitas Muhammadiyah Malang, namun juga hampir di seluruh universitas yang memiliki prodi tersebut. Komunikasi merupakan suatu kegiatan yang tak akan pernah mati dalam dunia sosial.
        Ilmu komunikasi sendiri merupakan ilmu yang mempelajari tentang cara berkomunikasi terhadap masyarakat, melalui berbagai sarana komunikasi yang ada secara teori maupun praktik. Sebagian orang mungkin berfikir, apa gunanya kita mempelajari cara berkomunikasi? Anak-anak komunikasi sendiri pun tidak banyak yang benar-benar paham mengapa mereka haru mempelajari hal-hal yang sudah biasa dilakukan sehari-hari?
         Kita semua memang pernah dan selalu berkomunikasi satu sama lain. Akan tetap, terkadang kita tidak terhubung satu sama lain karena tidak semua bisa berkomunikasi dengan baik, memahami etika komunikasi, dan menguasai topik dengan bahasa atau komunikasi yang benar. Maka dari itu, disinilah tempat kita mempelajarinya, etika, ilmu, dan seni dalam mengolah pesan.
         Dengan belajar Ilmu Komunikasi, kamu akan belajar memahami apa saja yang terjadi selama komunikasi itu berlangsung. Misalnya: siapa saja yang terlibat, bagaimana prosesnya, melalui apa, mengapa itu bisa terjadi, serta apa saja akibat yang ditimbulkan. Nah, dengan mempertimbangkan aspek-aspek tersebut, diharapkan kamu bisa membuat pesan-pesan yang efektif — alias yang bisa dimaknai dan dipahami dengan baik oleh orang lain. Ketika kamu mampu memberi pesan yang efektif, kamu bisa mendapat umpan balik (feedback) yang baik.
          Jurusan Ilmu Komunikasi mempunyai 3 Peminatan namun yang sering dan ada di seluruh PTN yaitu bidang jurnalistik , PR (Public Relation) dan yang ketiga berbeda beda tiap PTN . Contoh Seperti di UNPAD Manajemen Komunikasi Dan di UI Komunikasi Media Pembelajaran yang kita pelajari sebelum peminatan biasanya hal-hal dasar menyangkut komunikasi seperti halnya di SMA sebelum kita penjurusan ke IPA , IPS , BAHASA kita mempelajari semua dasar dasarnya terlebih dahulu. Seperti cara pengambilan foto dengan benar seperti hunting foto , utak atik alat teknologi komunikasi , cara berbicara didepan umum yang benar , desain visual , dan vcara penggunaan komputer dalam kegunaannya sebgai alat komunikasi , kita juga belajar psikologi komunkasi Karena jurusan ini paling netral dibanding jurusan ini secara umum lulusan jurusan ini bisa bekerja sebagai penulis , reporter , pembawa acara tv , fotografer , desain komunikasi visual , editor gambar dan video , produser , sutradara , penyiar radio , public relation perusahaan bahkan kita apat bekerja di bank juga.

 sumber : disini dan disini

Tidak ada komentar:

Posting Komentar